Rabu, 13 April 2011

Semut Cerdas dalam Matematika

Dalam bidang matematika, semut lebih cerdas dari anak-anak sekolah dasar, menurut sebuah studi yang terbit dalam jurnal Behaviour.

Para peneliti melaporkan bawah spesies semut dengan tingkat sosialisasi tinggi dapat berkomunikasi tentang angka-angka dengan anggota koloninya. "Mereka bahkan bisa menyelesaikan perhitungan aritmatika sederhana," tulis para peneliti dalam laporan.

Untuk penelitian itu, ilmuwan Zhanna Rezhikva dan Boris Ryabko melakukan survei terhadap beragam spesies. Mereka mempersiapkan sebuah teka-teki dengan makanan di beberapa titik. Seekor semut memberikan informasi mengenai posisi makanan dengan menyampaikan pesan berupa jarak yang harus ditempuh atau jumlah langkah yang harus diambil. "Mereka tidak hanya berkomunikasi dengan bebauan," jelas peneliti.

Semut dapat melakukan operasi aritmatika dengan angka-angka kecil. "Dengan mempelajari sistem komunikasi alami pada semut, pandangan baru tentang mempelajari angka-angka menjadi terbuka," kata Rezhikva.

Para peneliti juga mengungkapkan beberapa studi lain yang mempelajari kemampuan berhitung di berbagai satwa. Burung biasanya jagoan dalam matematika. Burung dara, gagak, dan beo sangat baik dalam memecahkan teka-teki yang berhuungan dengan angka. Primata juga baik dalam matematika, meskipun diperkirakan semut lebih pintar. Makanya, jika semut menjadi kontestan dalam kuis Are You Smarter Than A Fifth Grader, hewan kecil ini punya kemungkinan untuk menang. (Sumber: Discovery News)

Tidak ada komentar: